5.9 C
New York
April 1, 2020
Berita Terbaru Berita Utama Business Ekonomi Hot Topik News

Wakil Menteri 2009-2014 Maju Batam 1, Tokoh Masyarakat: Lukita Sosok Yang Pas Memimpin Batam

Batam – Sejak memutuskan maju sebagai bakal calon Walikota Batam, Dr. Ir. Lukita Dinarsyah Tuwo, M.A. Mantan Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Wakil Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dalam Kabinet Indonesia Bersatu II zaman Presiden SBY. Kemunculan Lukita mencuri perhatian masyarakat Batam dan menjadi idaman baru bagi masyarakat Batam yang menyukai sosok Lukita.

Sosoknya yang santun dalam berbicara dan murah senyum. Menjadi gaya tarik tersendiri dari sosok Lukita yang disenangi masyarakat Batam.
Dengan segudang pengalaman dan prestasi saat masih menjabat di berbagai posisi penting di pemerintahan pusat. Tidak salah jika disebut, Lukita menjadi “Calon Pemimpin Idaman Masyarakat Batam” atau sosok idaman baru bagi warga Batam.

Selain itu, Lukita juga pernah menjabat sebagai kepala BP Batam. Dengan berbagai kebijakan dan kinerjanya yang terbilang singkat itu. Mampu melakukan perubahan yang cukup baik bagi pertumbuhan ekonomi di kota Batam.

Tim media ini kemudian mencoba mewawancarai beberapa tokoh masyarakat Batam di beberapa wilayah. Salah satunya ada Awang Rajab, tokoh Melayu yang tinggal di wilayah barelang. Mengatakan, bahwa dirinya sebagai tuan rumah menyambut baik kedatangan Lukita.

“Sebagai tuan rumah, kita menyambut baik niat beliau untuk memimpin kota Batam. Karena tentunya semua ingin berbuat baik untuk kota Batam,” ucapnya.

Awang Rajab menyarankan Lukita, untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat yang tinggal di wilayah hinterland, agar Lukita lebih dikenal oleh masyarakat yang tinggal di pulau-pulau.

“Kalau soal dukung mendukung, pada intinya kita menyambut semua yang ingin dekat dengan masyarakat. Kalau bisa pak Lukita turun ke wilayah hinterland, agar bisa berkomunikasi langsung dan bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat di sini,” Katanya.

“Kita siap menyambut beliau jika ingin bersilaturahmi. Pak Lukita yang turun dari ibukota dan memiliki niat maju di kota Batam, itu keputusan yang patut kita apresiasi. Artinya beliau memiliki niat baik untuk memajukan Batam,” tambahnya.

Awang Rajab menjelaskan, selama ini, calon-calon pemimpin lebih banyak menebar janji ketika turun di wilayah hinterland. “Masyarakat hinterland bukan butuh bantuan ini dan itu, tapi kita itu butuh pemimpin yang memberikan perhatian. Seperti meningkatkan pendidikan, ekonomi dan lapangan kerja untuk masyarakat pulau. Untuk apa dikasih bantuan alat untuk nelayan, tapi tidak dibina dan dikasih perhatian khusus. Kita butuh pemimpin yang tidak hanya pandai bicara, tapi bukti,” tegasnya.

Sementara itu. Salah satu tokoh masyarakat Sei Beduk, Ignasius mengungkapkan dukungannya terhadap Lukita mantan kepala BP Batam itu.

“Kita siap dukung pak Lukita, jika dibutuhkan, kita siap jadi teamnya,” tegasnya.

Menurut dia, Lukita figur yang sangat layak untuk dipilih untuk memimpin kota Batam.

“Kita harus memilih dia lah. Soalnya tidak ada figur lain, pak Lukita lebih baik memimpin kota Batam lebih bagus lagi,” ujarnya.

Ignasius tegas mengatakan, mantan Sekretaris Menko bidang perekonomian RI itu memiliki pengalaman sehingga layak memimpin Batam

“Saya rasa, pak Lukita lebih bagus daripada yang lain, dengan pengalaman sebagai kepala BP Batam dan pernah menjabat di sekertaris Menko bidang perekonomian,” katanya.

Menanggapi keputusan Lukita yang maju bakal calon Walikota Batam. Dinilai dia sebagai keputusan yang sangat luar biasa.

“Itu kan keputusan yang sangat luar biasa. Kalau dia hanya ingin mencari kepentingan jabatan, kenapa hanya di Batam kan. Pasti di Jakarta sana dia bisa dapat jabatan yang lebih tinggi,” ucapnya.

Ditanyakan terkait kedekatan dirinya dengan sosok Lukita. Ignasius menjelaskan bahwa dirinya tidak terlalu dekat dengan sosok bakal calon Walikota Batam itu. Namun dengan berbagai kebijakan yang telah di buatnya ketika menjabat kepala BP Batam, sudah sangat baik.

“Kalau di bilang dekat, saya tidak dekat dengan pak.lukita. tapi melihat dari pengalamannya dan saya melihat dia ketika jabat kepala BP Batam dan berbagai kebijakannya sudah sangat baik. Pak Lukita sangat lebih pantas memimpin kota Batam, jadi lebih baik lagi,” jelasnya.

Disamping itu, tambah dia. Menanggapi pernyataan Lukita jika memimpin Batam, akan meningkatkan ekonomi 7%. Dengan segala potensi yang dimiliki kota Batam.

“Sebagai masyarakat Batam. Saya sangat optimis dengan pernyataan pak Lukita. Kita sangat yakin itu,” ungkap dia, saat di hubungi media ini, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Ignasius berpesan ke Lukita, jika diberikan amanah untuk memimpin kota Batam.

“Kalau kami sebagai masyarakat, jika pak Lukita diberikan amanah memimpin Batam, saya berharap, bekerjalah dengan hati dan ikhlas dengan masyarakat Batam. Jangan hanya kepentingan kelompok tertentu saja. Intinya, bisa merangkul seluruh elemen masyarakat di kota Batam,” pungkasnya.

Tak ketinggalan pula, tokoh masyarakat Batam center, Supraptono memberikan pujiannya terhadap sosok Mantan Wakil menteri itu.

Menurutnya, Lukita sosok pemimpin yang bisa membawa Batam lebih maju.” Kalau untuk saat ini, saya menilai pak Lukita sosok yang sangat paham cara meningkatkan ekonomi Batam,” ungkapnya.

Kata Supraptono yang biasa disapa Kabul itu menyebut, dengan latar belakang Lukita. Ia tidak memungkiri bahwa hanya Lukita yang lebih meyakinkan dalam mengangkat perekonomian Batam.

“Dengan berbagai jabatannya di Pemerintahan pusat, Lukita sangat pas mengangkat perekonomian Batam. Peningkatan ekonomi Batam harus secara nasional. Nah, Lukita memiliki relasi yang baik secara nasional. Jadi ini suatu keberuntungan jika pak Lukita bisa memimpin Batam kedepan,” ujarnya.

Kabul menambahkan, berbicara tentang kemajuan kota Batam, jangan hanya menonjolkan dan menganggap pembangunan di kota Batam hanya untuk kepentingan daerah saja. Karena Batam memiliki perbedaan dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

“Berbicara kemajuan Batam, kita jangan hanya menonjolkan dan yang dibangun di batam hanya untuk kepentingan daerah. Tapi pembangunan adalah konsep dari nasional dan tidak terlepas untuk kepentingan nasional,” ucap kabul kepada media ini, Selasa 29/10/19.

“Kita lihat saja nanti, semoga masyarakat Batam bisa memilih dan melihat calon pemimpin yang betul-betul memiliki integritas dan komitmen dalam memajukan Batam. Yang memilik pengalaman dan latar belakang yang mumpuni untuk meningkatkan ekonomi Batam. Jangan hanya melihat calon pemimpin yang sibuk klaim sana dan sini, seolah-olah pembangunan itu hasil kerjanya. Tapi faktanya kosong,” pungkasnya.

“Intinya, pembangunan kota Batam saat ini, tidak terlepas dari campur tangan dan pemikiran-pemikiran orang-orang cerdas dari ibukota Jakarta. Salah satunya kita harus akui yaitu, termasuk LUKITA yang dulu pernah menjabat sebagai Wamena Perencanaan Pembangunan Nasional,” tutupnya.

Bicara soal kemunculan Lukita di bakal calon Walikota Batam 2020. Masyarakat Batam dengan ramai-ramai diketahui telah bergabung di relawan yang siap mendukung Lukita. Dan informasinya, relawan Lukita sudah ada di tiap-tiap kecamatan di kota Batam. Bahkan dalam waktu dekat. Relawan Lukita dengan nama Tim 12 akan segera dibentuk untuk mendukung penuh dan memenangkan sosok Lukita pada Pilkada Batam 2020 mendatang.

Tidak hanya Masyarakat Batam. Beberapa bulan lalu hingga saat ini, Lukita juga mencuri perhatian dari berbagai partai politik di kota Batam. Sili berganti, pengurus Parpol menjalin silaturahmi dengan sosok Lukita. Hampir semua partai politik di kota Batam kecuali Partai NasDem telah menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan Lukita Mantan Wakil Menteri itu.

Lukita diketahui telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon Walikota Batam melalui DPC PDI-P Batam dan baru-baru ini, Lukita kembali mengambil formulir di Partai Golkar sebagai bakal Cawako Batam. Hal ini menunjukkan keseriusan Lukita untuk memimpin kota Batam kedepan.(*)

Related posts

Bj Habibie Beri Dukungan Bomsoet Jadi Ketum Golkar

batambiz

5 Things The Stock Market Doesn’t Give A Hoot About

batambiz

Di Hut Ke-3 Chapter Kepri, Presiden ID42NER Minta Seluruh Member Tetap Jaga Silaturahmi dan Terus Gelar Baksos

Harianto Daeng

Leave a Comment